Senin, 15 Oktober 2012

Kenapa Perlu Marching Band


Menurut para neurolog, seorang dapat menjadi cerdas dan kreatif apabila ada upaya untuk memfungsikan secara maksimal dan seimbang belahan otak kiri dan belahan otak kanan. Untuk itu kedua belahan otak tersebut perlu dilatih. Terkait dengan hal itu institusi pendidikan di seluruh dunia selain melaksanakan program intracurricular juga melaksanakan program/aktifitas extracurricular. Salah satu tujuan pelaksanaan kedua program/aktifitas pendidikan tersebut tentunya adalah untuk memaksimalkan fungsi kedua belahan otak sehingga pada gilirannya dapat mendukung tercapainya tujuan pendidikan.
Dalam hal pelaksanaan pendidikan di sekolah tidak ada salahnya kalau kita memperhatikan hasil penelitian di Negara-negara maju. Salah satu diantaranya dikutip oleh Jalaludin Rachmat dalam bukunya “Belajar Cerdas Belajar Berbasiskan Otak” yang mengisahkan tentang sebuah sekolah di Aiken South Carolina, AS, yaitu SD Redcliffe dimana skor tesnya termasuk dalam 25% terbawah diwilayah itu. Setelah kesenian dimasukkan dalam kurikulum dengan jumlah yang banyak, ranking sekolah itu naik dan menjadi sekolah yang termasuk dalam 5% sekolah teratas dalam 6 tahun. Hal tersebut membuktikan bahwa aktifitas fisik dan mental yang terdapat pada berbagai aktifitas seni sangat mendukung keberhasilan proses pembelajaran.
Beberapa jenis kegiatan yang menuntut aktifitas fisik dan mental yang intensif adalah kegiatan Marching Band, Rebana, Hadrah, Marawis, dan lain-lain. Dapat dikatakan bahwa kegiatan tersebut memiliki tempat tersendiri dibandingkan dengan aktifitas-aktifitas ekstrakurikuler lain di sekolah. Hal itu dapat terjadi karena berbagai nilai lebih yang dapat diperoleh dan ditampilkan melalui kegiatan tersebut. Untuk para anggotanya manfaat positif marching band, rebana, hadrah, atau marawis diantaranya terkait dengan pembentukan mental militant (kewiraan), sikap dan perilaku, praktek team building dan human skill. Untuk tujuan ini maka kegiatan marching band, rebena, hadrah atau marawis dapat dilaksanakan pada semua jenjang pendidikan, mulai dari TK, SD, SMP, PT atau untuk umum.
Selanjutnya bagi sebuah sekolah/institusi pendidikan, kegiatan marching band, rebana, hadrah atau marawis memiliki berbagai fungsi dan manfaat. Beberapa diantaranya adalah sebagai berikut :
1.       Wahana untuk menunjukkan eksistensi sekolah/lembaga pendidikan;
2.       Wahana untuk membangun citra positif di masyarakat;
3.       Cara efektif dan efisien untuk mempromosikan diri;
4.       Cara yang efektif menarik minat calon siswa.
Selain daripada itu, kegiatan marching band, rebana, hadrah atau marawis bersifat kolosal sehingga berpotensi melibatkan relative banyak peserta (siswa).
Menyadari berbagai manfaat positif yang dapat diperoleh dari kegiatan Marching Band, Rebana, Hadrah atau Marawis, maka tidak dapat dipungkiri lagi bahwa kegiatan tersebut sudah sepatutnya diupayakan. Sejalan dengan itu kami YOGI MUSIC PERCUSSION (YMP) menawarkan solusi pengadaan peralatan Marching Band, Rebana, Hadrah atau Marawis dengan berbagai paket yang dapat dipilih sesuai dengan kebutuhan masing-masing sekolah/lembaga pendidikan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar